HMJ PJJ-PGSD
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ PJJ-PGSD
Universitas Muhammadiyah Malang

Berapa Jumlah Total Sel pada Tubuh Kita?

Author : Administrator | Kamis, 19 November 2015 23:15 WIB

Pertanyaan tersebut tampak seperti pertanyaan sangat mendasar yang pasti kita tahu jawabannya. Nyatanya, itu adalah pernyataan yang sangat sulit untuk dijawab.

Berapa Jumlah Total Sel pada Tubuh Kita?
Foto: thinkstock

 

Pertanyaan tersebut tampak seperti pertanyaan sangat mendasar yang pasti kita tahu jawabannya. Nyatanya, itu adalah pernyataan yang sangat sulit untuk dijawab. baru beberapa tahun terakhir inilah kita mendekati perkiraan yang wajar.

Dua abad lalu, sel dalam tubuh manusia diperkirakan berjumlah triliunan. Berapa triliun? Diperkirakan antara 5 hinga 200 triliun!

Perkiraan itu memiliki rentang antara 200 triliun hingga hanya 5 triliun, selisih yang cukup jauh tersebut membuat perkiraan dianggap terlalu lemah.

Kita kembali ke tahun 1665, sekitar 3,5 abad lalu, saat ilmuwan Inggris, Robert Hooke, mengintip menggunakan mikroskop di awal penemuannya. Ia membuat sketsa dari detail menakjubkan yang ia lihat dari sekitar 60 objek.

Salah satu objek berupa irisan gabus yang sangat tipis—semacam gabus yang hingga kini masih digunakan untuk menyumbat botol wine. Ia melihat ribuan pori-pori kecil yang ia sebut “cells”, dari kata kata Latin “cella” yang berarti ruang kecil. Saat itu, Hooke tidak menyadari bahwa sel kosong tersebut sebelumnya terisi jaringan yang hidup.

Butuh waktu sekitar dua abad sebelum Theodor Schwann dan Matthias Schleiden merumuskan apa yang sekarang kita sebut “Teori Sel” sekitar tahun 1838.

Saat ini, teori sel modern termasuk bagian dari dasar-dasar ilmu Biologi. Teori sel mencakup beberapa pernyataan berikut:

  1. Semua makhluk hidup memiliki satu atau lebih sel. Itu mencakup dari bakteri hingga paus biru—makhluk terbesar yang kita kenal.
  2. Sel merupakan unit fundamental dari struktur dan fungsi di seluruh makhluk hidup.
  3. Semua sel yang hidup berasal dari sel-sel sebelumnya yang tumbuh kemudian membelah diri.
  4. Aktivitas keseluruhan makhluk hidup tergantung pada total aktivitas dari seluruh sel-sel individu tersebut.
  5. Energi mengalir ke dalam sel dan di dalam sel, serta dapat keluar dari sel.
  6. Sel mengandung hereditas atau informasi genetik yang disebut DNA. DNA ini diteruskan dari satu sel ke anak sel tersebut.
  7. Semua sel dalam spesies yang sama memiliki komposisi dasar kimia yang sama.

Lantas, berapakah sel yang ada pada tubuh kita?

Tahun 2013 lalu, Eva Bianconi dari University of Bologna di Italia dan rekan-rekannya, mencoba menjawab pertanyaan ini.

Awalnya mereka mencari perkiraan jumlah dalam studi literatur ilmiah dan medis. Estimasi berasal dari dua abad terakhir, tahun 1809, semua estimasi menyebutkan jumlahnya dalam triliun.

Tim ilmuwan mendefinisikan manusia rata-rata pria berusia 30 tahun, tinggi 1,72 meter dan beratnya 70 kg. dengan luas permukaan 1,85 meter persegi. Mereka kemudian mengamati organ individu atau tipe sel dalam tubuh, menemukan berapa banyak sel yang ada pada tiap organ, dan menambahkan semua angkanya.

Rumit? Tentu saja!

Contohnya, pada tulang,  cukup mudah memulainya dengan total berat kerangka. Tapi ada dua jenis tulang. Jadi mereka memperkirakan 700 juta sel pada jaringan tulang trabekular, namun 1,1 miliar sel pada jaringan tulang kortikal. 

Mereka mulai dengan jaringan lemak, kartilago artikular, sistem biliaris, darah, tulang dan lain sebagainya hingga mereka akhirnya berakhir di pembuluh (termasuk vena dan arteri).

Dalam pembuluh darah, ada sekitar 80.000 km pembuluh kapiler, dengan diameter rata-rata tiga perempat millimeter. Pembuluh darah dilapiosi oleh sel endotel yang berukuran panjang sekitar 60 mikron (sepersejuta meter) dan lebar 20 mikron, yang memberikan kita sekitar 2,5 triliun sel endotel pada pembuluh kapiler. 

Dengan menjumlahkan seluruh angka-angka, jumlah sel di tubuh kita adalah sekitar 37 triliun sel! Perkiraan ini dianggap cukup wajar dan mendekati, dibanding perkiraan sebelumnya.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image